Fashion

Sejarah Pramuka

Gerakan Pramuka Indonesia atau disebut gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan non-formal yang melakukan pendidikan kepramukaan di Indonesia.

Didirikan pada tahun 1961 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX, dan pada tahun 2011 Gerakan Pramuka Indonesia menjadi asosiasi pramuka terbesar di dunia dengan anggota sekitar 17 juta.
Pramuka berasal dari kata “Praja Muda Karana” yang berarti jiwa muda yang suka bekerja. Gerakan Pramuka Indonesia adalah proses pendidikan di luar lingkungan formal (sekolah).

Serta pendidikan keluarga yang dibungkus sebagai kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terfokus, dan praktis yang dapat dilakukan di alam sebagai aktivitas luar ruang.
Setiap kegiatan dilakukan sesuai dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (Scouting Basic Principal). Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah pembentukan karakter, akhlak, dan akhlak mulia anak muda di Indonesia. Kita juga harus tahu bahwa kepanduan di Indonesia dibangun sebagai sistem pendidikan yang disesuaikan dengan minat dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Gerakan Pramuka Indonesia atau gerakan Pramuka Indonesia, kami akan menjelaskannya secara rinci termasuk sejarah, logo, program,topi baret pramuka  dan penghargaan Gerakan Pramuka Indonesia di bawah ini.

Sejarah Pramuka
scouting, founder, scouting founderFlystly, scouting dikembangkan oleh Lord Baden Powell di Inggris untuk mendidik orang-orang muda yang terlibat dalam kejahatan dan kekerasan.
Ia mendidik 21 anak muda pada tahun 1907 secara intensif selama 8 hari dan menunjukkan hasil yang baik. Kisah sukses ini ditulis dalam sebuah buku berjudul “Scouting for Boy”.Buku ini kemudian mengilhami orang-orang dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Beberapa organisasi kepanduan mulai terbentuk pada 1950 hingga 1960, dan organisasi-organisasi ini berafiliasi dengan partai politik atau kelompok sosial.
Namun sayangnya, organisasi-organisasi ini tidak memiliki visi yang sama untuk mendukung pembangunan nasional serta pengembangan pemuda yang dapat melanjutkan persatuan nasional.

Karena kondisi di atas, beberapa tokoh nasional mencoba menemukan cara untuk membangun organisasi kepanduan yang baik di Indonesia. Dan 1961, presiden Indonesia, Ir. Soekarno, mengumpulkan semua pemimpin organisasi kepanduan di Istana Negara. Soekarno mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan organisasi kepanduan yang akan memuaskan kebutuhan nasional dan internasional. Dia juga memutuskan untuk menggabungkan semua organisasi kepanduan di Indonesia dengan metode dan pendekatan baru dan kemudian disebut Gerakan Pramuka.

Secara Resmi Dinyatakan
Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada publik pada tanggal 14 Agustus 1961; hari ini kemudian dirayakan sebagai hari Pramuka untuk menghormati parade publik pertama organisasi. Gerakan Pramuka dikembangkan sesuai dengan fondasi dasar di bawah ini:

Kepercayaan dan kesalehan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
Peduli pada bangsa dan tanah air kita, sesama kehidupan, dan alam.
Peduli untuk kepribadian mereka sendiri.
Patuhi Kode Kehormatan Kepramukaan.
Selain itu,

Gerakan Pramuka Indonesia memiliki visi dan misi yang bertindak sebagai dasar dari asosiasi ini.

Visi Gerakan Pramuka 
“Untuk mewujudkan pramuka yang relevan dengan kebutuhan kaum muda untuk membuat perubahan”. (Perubahan Pramuka)

 misi Gerakan Pramuka 
“Mengarahkan dan menjadikan anak muda sebagai subjek utama Pramuka yang inovatif, relevan, yang menciptakan dan memobilisasi perubahan bangsa, negara, dan masyarakat Indonesia di abad ke-21 sesuai dengan misi suci Gerakan Pramuka Indonesia”.

Demikian informasi tentang Sejarah Pramuka . untuk informasi tentang pramuka lainnya atribut pramuka topi baret pramuka  bisa kunjungi web https://topibonipramuka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *