Otomotif

Cara Merawat Kendaraan Kamu saat Musim Hujan

Musim hujan bercurah tinggi, butuh perhatian ekstra bagi pemilik kendaraan beroda empat. Jika tidak, air hujan yang harus memberi manfaat, bahkan bisa jadi petaka.

Sejumlah kerusakan bisa saja terjadi pada kendaraan beroda empat Anda sekiranya menganggap sepele guyuran air hujan. Salah satu yang paling kerap kali merupakan kerusakan pada bodi. Berikut kiat gampang yang bisa dijalankan.

Saat kendaraan beroda empat masih berair diguyur hujan, jangan seketika mengelapnya. Air hujan yang menempel, juga mengandung garam dan kotoran halus. Jika seketika dilap, berpotensi memunculkan goresan pada cat. Sebaiknya, guyur dengan air bersih terutama dulu secara merata, barulah dikeringkan. Jika kumal, Anda bisa mencucinya dengan menerapkan shampo kendaraan beroda empat.

Lantas bersihkan air sisa hujan

Jangan biarkan air hujan menempel dan mengering, apalagi hingga berhari-hari. Usahakan seketika membersihkan sisa air hujan untuk menghindari jamur dan karat yang merusak lapisan cat pada kendaraan beroda empat.

Simpan kendaraan beroda empat dengan bagus

Padahal tidak dipakai, kendaraan beroda empat sebaiknya terlindung dari terpaan air hujan. Anda bisa memanfaatkan cover kendaraan karoseri ambulance beroda empat. Malahan sekiranya tersedia, lebih bagus masukkan kendaraan beroda empat dalam garasi dengan atap tertutup.

Aplikasikan pelindung cat kendaraan beroda empat

Tak cuma membersihkan, Anda juga perlu merawat kendaraan beroda empat kesayangan. Tak ada salahnya menerapkan coating atau pelapis pada bodi kendaraan beroda empat Anda. Selain melindungi cat dan bodi kendaraan beroda empat dari air hujan, juga meningkatkan penampilan kendaraan beroda empat. Kendaraan jadi lebih gampang dibersihkan saat diguyur hujan.

Tak cuma pada bodi, Anda juga bisa menerapkan coating pada sektor kolong kendaraan beroda empat termasuk mesin serta kompartemennya. Sejumlah car care atau salon kendaraan beroda empat memiliki cairan dan perawatan khusus untuk ini.

Bersihkan Kaca Depan dan Wiper

Selain bodi, Anda juga perlu memberi perhatian lebih pada windshield atau kaca depan. Sisa air hujan yang tidak seketika ditangani berpotensi memunculkan jamur pada kaca kendaraan beroda empat. Observasi juga karet wiper untuk penyapuan optimal dari kaca windshield. Untuk membersihkan karet wiper, gunakan lap kering dan cairan alkohol.

Jaga interior konsisten kering

Saat hujan dan Anda masuk kendaraan beroda empat, air hujan bisa jadi turut masuk ke dalam kabin. Alas karpet bahkan menjadi berair. Keadaan lembab seperti itu, bisa memunculkan jamur. Malahan sekiranya sudah parah, bodi bawah bisa terkena karat dan keropos.

Silakan ikutan memeriksa komponen bawah alas kaki saat membersihkan dan mencuci kendaraan beroda empat. Anda juga bisa menyiapkan alas kaki tambahan seperti menerapkan koran bekas, umpamanya.

Selain alas kaki, komponen trim pintu merupakan zona yang kerap kali terkena air hujan. Untuk perawatannya, brankar Anda bisa beri lapisan khusus untuk bahan yang dipakai pada trim pintu. Semisal menerapkan vinyl atau plastik. Pakai cairan pelindung khusus yang bersifat melapisi, sehingga air tidak gampang menempel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *